Welcome To My Blog

Terima Kasih Telah Berkunjung

Wednesday 18 November 2015

Larangan Bernafas Saat Minum

Islam sangat memperhatikan adab dan tata cara yang benar dan menyehatkan kaitannya dengan makan dan minum. Salah satunya adalah adab ta... thumbnail 1 summary


Islam sangat memperhatikan adab dan tata cara yang benar dan menyehatkan kaitannya dengan makan dan minum. Salah satunya adalah adab tatkala minum. Dalam sebuah hadits Rasulullah melarang seseorang bernafas di dalam tempat dia minum.

Dan dari ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya dia berkata:

” نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم أن يتنفس في الإناء أو أن ينفخ فيه ” رواه أبو داود والترمذي

” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa Nabi melarang bernafas dalam bejana (gelas) ataupun meniup di dalamnya.”

Bernafas adalah aktivitas menghirup dan mengeluarkan udara; menghirup udara yang bersih lagi penuh dengan oksigen ke dalam paru-paru sehingga tubuh bisa beraktivitas sebagaimana mestinya.

Dan mengembuskan nafas adalah udara keluar dari paru-paru yang penuh dengan gas karbon dan sedikit oksigen, serta sebagian sisa-sisa tubuh yang beterbangan di dalam tubuh dan keluar melalui kedua paru-paru dalam bentuk gas.

Gas-gas ini dalam persentase yang besar ketika angin dihembuskan, padanya terdapat sejumlah penyakit, seperti pada toksin air kencing. Maka udara yang dihembuskan mengandung sisa-sisa tubuh yang berbentuk gas dengan sedikit oksigen.

Saat menghirup udara tubuh kita menyerap oksigen (O2) yang merupakan udara bersih. Namun tidak demikian saat kita menghembuskan nafas, karena saat menghembuskan nafas, udara yang keluar adalah campuran karbon, sisa-sisa tubuh yang beterbangan di bagian tubuh dan sedikit oksigen yang dikeluarkan dalam bentuk gas karbondioksida (CO2).
Secara kimia digambarkan jika bertemu H2O (air dalam gelas) dengan karbondioksia atau CO2 (udara hembusan nafas) akan menghasilkan asam karbonat atau H2CO3, atau sama dengan cuka dan menyebabkan minuman itu berubah menjadi Acidic. Jadi jika bernafas dalam gelas maka yang dia hirup zat asam arangnya sendiri.

Maka dari itu saat minum air sebaiknya tidak bernafas. Hal ini disebabkan air yang kita minum dikhawatirkan terkontaminasi oleh bakteri yang ada di dalam mulut kita. jika air yang kita minum terkontaminasi bakteri maka akan menyebabkan air tersebut menjadi tidak sehat. 

Selain menyebabkan tercemarnya air, apabila kita minum dengan kondisi seperti itu, sangat tidak sopan dilihat orang. Apalagi dalam acara jamuan makan di meja di mana kita berada pada kerumunan orang dan kebetulan orang melihat kita melakukan hal tersebut maka akan mengakibatkan penilaian kepada kita bisa saja menjadi negatif. Mungkin akan timbul kesan kita tidak tahu tatakrama dan norma ketika makan di tempat banyak orang atau membuat orang lain tidak nyaman dibuatnya.

Untuk itu, Rasulullah SAW menganjurkan agar meminum air sedikit demi sedikit. Apabila kita minum air sekali teguk dapat membuat kita bernafas dalam gelas.
Semoga bermanfaat !!


No comments

Post a Comment

Video of Day