Welcome To My Blog

Terima Kasih Telah Berkunjung

Sunday 22 November 2015

Ciplukan dan Manfaatnya

Jenis tumbuhan ini   biasanya akan tumbuh diantara rerumputan secara liar di sawah ataupun kebun. Nama Latin dari tumbuhan ini adalah P... thumbnail 1 summary


Jenis tumbuhan ini  biasanya akan tumbuh diantara rerumputan secara liar di sawah ataupun kebun. Nama Latin dari tumbuhan ini adalah Physialis Angulata. Ciplukan juga dikenal dengan berbagai nama daerah (lokal) seperti keceplokan, ciciplukan (Jawa), nyornyoran, yoryoran, (Madura), cecendet, cecendetan, cecenetan (Sunda), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletep (sebagian Sumatra), leletokan (Minahasa), Kenampok, dedes (Sasak), Katobo (Bima),lapunonat (Tanimbar, Seram).

Namun kebanyakan orang masih memandang sebelah mata tumbuhan liar ini, bahkan kurang memperhatikan keberadaanya. Hingga akhirnya para pegiat herbal menemukan beberapa kandungan yang terdapat di dalam ciplukan seperti vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, polifenol dan lain sebagainya yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.  

Secara garis besar ciplukan memiliki peran sebagai tumbuhan yang memiliki fungsi antibakteri, anti aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun dan anti hiperglikemi.

Berikut ini akan kita ulas sedikit manfaat ciplukan jika dilihat dari bagian tumbuhannya.

1.   Manfaat akar, batang dan daun ciplukan.

  • Mengobati penyakit diabetes melitus,sakit paru-paru, hipertensi, batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang saluran napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis), gatal-gatal, bisul dan kudisan.
  • Cara pembuatannya sebagai berikut : Pilih tanaman yang sudah berbuah dan berumur,cabut tanaman tersebut kemudian bersihkan sebelum di rebus,ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut sampai menjadi layu. Kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih, tunggu sampai rebusan tersebut benar-benar mendidih dan hanya menyisakan satu gelas air saja. Minumlah minimal 1 kali dalam sehari secara rutin.


2.   Manfaat Buah ciplukan.
  • Mengobati penyakit ayan/ epilepsi, paru-paru, gusi berdarah, sariawan, sakit tenggorokan .
  • Cara pemanfaatannya yaitu dengan  mengkonsumsi sekitar 8 sampai 10 butir setiap harinya, kandungan pada buah ciplukan dapat membantu mengatasi berbagai penyakit tersebut secara berkala.

Setelah mengetahui adanya manfaat yang yang begitu besar dari ciplukan ini, ada baiknya bila tumbuhan ini kita budidayakan. Cara yang bisa dilakukan untuk membudidayakan tumbuhan ini dengan biji. Biji ciplukan dari buah yang sudah matang dan di keringkan. Kemudian disemai dan dilakukan penyiraman. 

Setelah penyemaian dan sudah mulai ada yang tumbuh, pindahkan tanaman yang masih muda ke tempat penanaman. Lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban tanah, karena tumbuhan ini sangat membutuhkan tanah yang lembab. Disamping itu lakukan pemupukan, sebaiknya memakai pupuk organik.

No comments

Post a Comment

Video of Day