Welcome To My Blog

Terima Kasih Telah Berkunjung

Sunday 15 November 2015

Tahun 2016 Coding Masuk Kurikulum

Terinspirasi dari keberhasilan anak-anak muda Indonesia dalam bidang coding , Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantar... thumbnail 1 summary


Terinspirasi dari keberhasilan anak-anak muda Indonesia dalam bidang coding, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara bekeinginan agar coding (bahasa pemrograman) bisa masuk ke dalam kurikulum mata pelajaran di sekolah.
Diharapkan setelah dimasukkannya kurikulum coding tersebut dapat melahirkan sumber daya manusia yang mahir dalam membuat progam komputer, sebab teknologi saat ini terus mengalami perkembangan. Rudiantara menilai, jika saat ini sudah banyak anak-anak muda yang berprestasi dalam hal coding, sementara pelajaran coding saja belum terdapat di sekolah-sekolah.
"Selama ini mereka kan otodidak, kalau otodidak aja seperti ini (banyak prestasi), gimana kalau masuk ke sekolah-sekolah," kata Rudiantara.
Keinginan pria yang kerap disapa Chief RA tersebut telah dikomunkasikan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. Mengenai rencana pelajaran coding masuk kurikulum sekolah telah diusulkan oleh Menteri Kominfo kepada Menteri Pendidikan tersebut, Bapak Anies sudah menyetujuinya. Pelajaran coding tersebut, pertama-tama akan diterapkan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Artinya, baru pada usia sekitar 16 tahun anak-anak mulai dibekali pengetahuan terkait pemrograman komputasi.
Dan rupaya langkah Menkominfo tersebut mendapat dukungan dari CTO Amazon.com Werner Vogels. Walaupun dia beranggapan bahwa hal ini sedikit terlambat. Vogels juga optimis suatu negara mampu membawa perubahan dan inovasi masa depan yang mumpuni, jika diajarkan sejak dini kepada anak-anak.
Secara umum coding jika di istilahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Pemrograman. Bahasa yang digunakan oleh OS (Operating System) dalam melakukan suatu tugas tertentu disebut coding. Coding bertujuan tentu untuk membuat program komputer, dan program komputer itu sendiri adalah kumpulan instruksi-instruksi dalam membantu sebuah komputer dalam mengeksekusi untuk melakukan aktifitas tertentu. Banyak bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat sebuah program komputer, seperti VB (Visual Basic), Java, PHP dan masih banyak bahasa pemrograman komputer lainnya.

Harapannya, di masa mendatang pelajaran coding ini tidak hanya diterapkan pada tingkat SMA, lebih daripada itu juga mulai diterapkan pada pendidikan tingkat dasar, sebagaimana di Australia yang telah merealisasikannya pada kurikulum tingkat dasar.

So, kita tunggu saja bagaimana implementasi rencana pemerintah ini. Dan semoga akan semakin banyak ahli pemrogragaman dan teknologi yang lahir dari putra bangsa di masa mendatang.

No comments

Post a Comment

Video of Day