Welcome To My Blog

Terima Kasih Telah Berkunjung

Tuesday 17 November 2015

Manfaat Beberapa Buah Yang Ada Dalam Al-Qur'an

Dari beberapa buah yang yang ada di dunia ini, terdapat buah-buah yang secara khusus disebut dalam Al-Qur’an. Mungkin kita bertanya-tanya, ... thumbnail 1 summary
Dari beberapa buah yang yang ada di dunia ini, terdapat buah-buah yang secara khusus disebut dalam Al-Qur’an. Mungkin kita bertanya-tanya, seberapa bermanfaat buah-buahan tersebut hingga disebut Allah dalam Al-qur’an. Pada tulisan ini, akan dibahas beberapa buah berikut manfaat dan khasiatnya bagi manusia.
1. Buah Kurma atau Tamr
Buah kurma atau tamr disebut dalam Al-Qur’an di beberapa tempat. Diantaranya dalam Surat Maryam, ayat 24-26. Pada umumnya, kurma tumbuh di padang gersang dan bersuhu panas. Buah ini sangat mudah sekali didapat di Indonesia saat bulan puasa. Memang buah ini menjadi makanan favorit saat berbuka puasa. Firman Allah, yang artinya:
“Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: ‘Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah….” (QS. Maryam : 24-26).
Terdapat banyak manfaat dan khasiat dalam mngkonsumsi kurma. Buah kurma mengandung fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna. Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada jiwa.
Selain itu, kurma juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan ibu-ibu yang menyusui anak untuk meningkatkan kesehatan janin di dalam perut ibu, mencegah ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak air susu.
Kurma segar memberikan manfaat besar kepada otak, dengan kandungan 2,2% protein, juga berisi banyak jenis vitamin A, B1, dan B2.
2. Buah Delima
Al-Qur’an juga menyebut buah delima ini. Buah Delima pada umumnya ditemukan dan tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis. Walaupun buah ini termasuk langka, namun masih tersedia buah impor dipasaran.
“Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-An’aam : 141)
Buah delima terkenal akan kandungan vitamin dan antioksidan, yang diyakini baik untuk perawatan kulit dan kesehatan secara alami. Buah ini penting untuk memelihara keseimbangan kadar potassium-sodium, buah ini merupakan pendorong kepekaan saraf dan otot agar berfungsi secara teratur, mencegah edema, dan mengurangi kadar gula yang beredar di dalam darah. Selain itu, buah delima juga dapat menghilangkan rasa lelah otot dan menguatkan jantung.
3. Buah Anggur 
Buah yang selanjutnya adalah buah anggur. Buah yang sengat lezat ini dikenal sejak jaman Nabi uh AS. Buah yang memiliki rasa yang manis ini disebutkan sebanyak 14 kali didalam Al-qur’an. Salah satunya terdapat pada surat an-nahl ayat 11.
“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)
Buah ini mengandung vitamin B1 sebanyak 0,069 mg, vitamin B2 sekitar 0,07 mg, vitamin b3 sekitar 0,188 mg, asam pantotenat mencapai 0,05 mg, folat memenuhi 1% kebutuhan vitamin B9 harian, vitamin C berjumlah 10,8 mg, dan vitamin K yang mengasup 21% kebutuhan harian manusia.
4. Buah Pisang 
Buah yang selanjutnya adalah buah yang juga bnyak terdapat di indonesia yakni buah pisang. Buah pisang sendiri disebut dalam QS. Al-Waqi’ah ayat 29.
“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),”.
Pisang adalah buah yang kaya dengan vitamin B6, itu juga buah yang sangat bergizi, terdiri dari air (75%), protein (1,3%) dan lemak (0.6%). Setiap buah pisang mengandung karbohidrat dan potassium dalam jumlah yang mencukupi.bPisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.
Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.
Masih terdapat banyak deretan nama buah yang disebut dalam Al-Qur’an, diantaranya buah Tin dan Zaitun. Namun tidak ba
nyak orang Indonesia yang mengetahui bentuk asli dan pernah menemukannya langsung. Meski demikian, hal ini bukan berarti mengurangi atau menafikan manfaat dan khasiatnya. Banyak sekali kandungan manfaat dan khasiat yang ada pada 2 buah ini.
Demikian buah-buah yang disebutkan oleh Allah dalam Al-qur’an, hal tersebut membuktikan bahwa Allah menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan sebagai makanan dan obat bagi manusia.

No comments

Post a Comment

Video of Day