LEMBAR
PERSETUJUAN
Nama : ....................................
No. Induk : ....................................
Judul Penelitian : Pengaruh Metode Pembelajaran Belajar Mandiri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Ma'hadul Mu'llimien Al-Islamie Tahun Pelajaran 2015-2016
Telah disetujui untuk diseminarkan pada tanggal, .....November 2015
Sumenep, 01 November 2015
|
Pembimbing
UST. SURYADI
KADIR, M.Pd. I
|
LEMBAR
PENGESAHAN PEMBINGBING
Yang
bertanda tangan dibawah ini menyatakan bahwa paper yang berjudul:
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS III MMI TAHUN PELAJARAN 2015 -2016
Oleh:
ANDI
LIHAMSAN
No.
Induk: A.407
Telah
diperiksa, dikoreksi, dan diberi masukan perbaikan-perbaikan seperlunya. Maka
kami berkesimpulan bahwa paper ini dapat segera dimonaqasahkan dalam waktu yang
sesingkat-singkatnya, dan sudah memenuhi syarat untuk diujikan dihadapan team
penguji paper MMI.
Sumenep, 01 November 2015
|
Pembimbing
UST. SURYADI
KADIR, M.Pd. I
|
MOTTO
v Jadilah orang
yang bisa menghargai waktu karna waktu itu bagaikan pedang
HALAMAN
PERSEMBAHAN
Penulismempersembahkan
proposal paperinikepada:
v Ayah dan Bunda yang telah rela meluangkan waktunya serta bontang
banting untuk membiayai penulis sehingga penulis mendapatkan pendidikan yang
layak dengan teman-temannya yang lain.
v Pimpinan pondok pesantren mathlabul ulum almokarom KH.
TAUFIQURRAHMAN FM, yang telah menegur penulis ketika penulis melakukan
kesalahan atau pelanggaran.
v Mudzir Ma’hadul Mu’allimein al-islami (MMI) beserta para Asatid
yang selalu membingbing dan memotifasi penulis sehingga penulis bisa
mendapatkan ilmu yang belum penulis ketahui serta juga bisa menyelesaikan
Proposal paper.
v Panitia dan Musrif niha’ie
yang tidak henti-hentinya memberikan nasehat pada penulis.
v Kakak –kakak kelas alumni yang sudah rela membingbing dan
memotifasi penulis sehingga penulis bisa menyelesaikan proposal paper ini.
v Segenap santri kelas akhir (arek-arek authority generation) dan
adek-adek kelas yang selalu memberikan semangat dan motivasi beserta dukungan
terhadap penulis dengan semangat perjuangan.
Assalamualaikum War. Wab.
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha
Panyayang, saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah
melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat
menyelesaikan Proposal Paper yang
berjudul “Pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi
belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016”
Adapun
Proposal Paper yang berjudul “Pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri
terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016”. ini
telah saya usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai
pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan Proposal Paper ini. Untuk itu saya
tidak lupa menyampaikan bayak terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu saya dalam pembuatan Proposal
Paper ini.
Namun
tidak lepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik
dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang
dada dan tangan terbuka saya membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin
menyampaikan saran dan kritik kepada saya sehingga saya dapat memperbaiki hasil
karya ilmiah ini.
Akhirnya
Penulis mengharapkan semoga dari Proposal Paper yang berjudul “Pengaruh
metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi
tahun pelajaran 2015-2016”. ini dapat diambil hikmah dan manfaatnya
sehingga dapat memberikan inspirasi terhadap pembaca.
Wassalamu’alaikum War. Wab.
Sumenep,
09 Oktober
Penyusun
ANDI
LIHAMSAN
DAFTAR ISI
HALAMAN
SAMPUL
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN
HALAMAN PENGESAHANAN
HALAMAN MOTTO
HALAMAN PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI Judul Paper
A.
Latar Belakang Masalah
.......................................................................
B.
Rumusan
Belakang ...............................................................................
C.
Tujuan
penelitian ..................................................................................
D.
Kegunaan
Penelitian..............................................................................
E.
Alasan
Pemilihan Judul.........................................................................
F.
Hipotesis
Penelitian ..............................................................................
G.
Ruang
Lingkup Penelitian .....................................................................
H.
Difinisi
Operasional...............................................................................
I.
Kajian
Pustaka.....................................................................................
J.
Metodologi
penbelitian..........
a.
Populasi
dan sampel
b.
Teknik
pengumpulan data
1.
Obserpasi
2.
Wawancara
3.
Dokumentasi
4.
Angket
c.
Teknik
analisis data
K.
Sitematika
Penulisan………………………………………………….
L.
Daftar
pustaka............................................
M.
Lampiran-lampiran
PROPOSAL PAPER
A. Judul Paper
“Pengaruh metode pembelajaran belajar
mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016”
B. Latar
belakang masalah
Tujuan hidup adalah untuk dijalani itu berarti kita
harus menjalaninya dengan sabar,gembira, memikmati,nyaman dan hebat].[1]nilai-nilai
membentuk suara hati kita,yang memengaruhi perilaku kita.perilaku kita
menentukan kualitas hidup kita dan makna sumbangan pribadi kitaterhadap sesama
manusia. Terhadap kehidupan,dan terhadap sejarah].[2]
Masa remaja adalah masa yang tidak bisa dilupakan,benarkan?
Karnanya
buat kamu para remaja jangan siasiakan masa remajamu dengan hal-hal yang tidak
berguna.setiap manusia melewati masa remaja tetapi ada yang melewatinya dengan
biasa saja,ada pula yang melewati masa remaja dengan luar biasa.
Ada
remaja yang melewati masa remaja dengan bahagia,ada juga sebaliknya mengalami
masa remaja yang tidak bahagia. remaja
yang tidak bahagia karna apa? Ada banyak hal yang menyebabkan remaja tidak
merasa bahagia,misalnya kurang pede [percaya diri] ,kurang bergaul,keluarga
tidak harmonis,keadaan ekonomi yang sangat kurang dan sebagainya.
Kamu
ingin menjadi remaja yang seperti apa? tentu sudah pasti kamu ingin menjadi
remaja yang bahagia bukan].[3]
C. Rumusan
masalah
Dari paparan masalah diatas maka secara graris besar
ada dua masalah yang penulis merumuskan
1. adakah pengaruh metode
pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
?
2. untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa
kelas III mmi tahun pelajaran
2015-2016 ?
D. Tujuan
penelitian
Dari
sekian penjabaran dan penjelasan yang telah penulis gambarkan diatas. Penulis
dapat mengambil kesimpulan bahwasanya metode pembelajaran belajar mandiri
terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016.
Oleh karna itu perlu kiranya penulis memberikan tujuan yang telah penulis
angkat sebagai berikut.
1. untuk mengetahui alasan adanya pengaruh metode
pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kls III mmi tahun pelajaran 2015-2016
2 untuk mengetahui
tidak adanya pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi
belajar siswa kelas III mmi
tahun pelajaran 2015-2016
E. Kegunaan
penelitian
Adapun
kegunaan penelitian ini yaitu untuk
1. menyadarkan kita bahwasanya metode
pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
2. sebagai masukan kepada pembaca
untuk di jadikan tambahan ilmu pengetahuan tentang pengaruh metode pembelajaran
belajar mandiri terhadap prestasi siswa III mmi tahun pelajaran 2015-2016
F. Alasan
memilih judul
Ada
alasan tertentu yang mendasari penulis memilih judul diantaranya
1. sebab pembelajaran belajar mandiri
sangat penting dalam meningkatkan prestasi siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
2. sejauh yang penulis ketahui bahwa
judul ini belum pernah ada yang meneliti
3. karna judul ini cocok untuk
dijadikan bahan penelitian dan judul ini yang diterima
G. Hipotesis
penelitian
Hipotesis
adalah bermuara pada suatu pemahaman tentang jawaban sementara terhadap masalah
penelitian .
1. hipotesis kerja
Adanya pengaruh metode pembelajaran belajar
mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
2. hipotesis nihil
Tidak adanya pengaruh metode pembelajaran
belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
H. Ruang
lingkup penelitian
Untuk
memberikan batasan masalah agar pembatasanya lebih terarah dan mengenal sasaran
sehingga dapat di kaji dengan jelas sehingga penulis membatasi ruang lingkup
diantaranya.
no
|
Subvariabel
x
|
Indikator
|
01
|
Tinjawan
tentang metode pembelajaran belajar mandiri
|
a.pengertian
metode pembelajaran belajar mandiri
b.ciri-ciri
pembelajaran koperatifdalam metode pembelajaran belajar mandiri
|
|
Subvariabel
y
|
Indikator
|
|
Tim]njawan
tentang prestasi belajar siswa
|
a.pengertian
prestasi belajar siswa
b.faktor-faktor
yang mempengaruhi prestasi belajar siswa
|
I. Definisi
operasional
Penulisan
paper ini berjudul “pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap
prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
Dari judul tersebut penulis memberi penegasan
terhadap kata-kata atau istilah yang ada pada judul tersebut, hal ini agar para
pembaca dapat memahami dan mengetahui arti dari istilah-istilah yang ada pada
judul paper antara lain.
1. pengaruh: daya yang ada atau
timbul dari sesuatu orang atau benda yang ikut serta membemtuk
watak,kepercayaan atau perbuatan seseorang
2
.
metode: cara yang telah
di atur dan berfikir baik-baik untuk mencapai sesuatu maksud dalam ilmu
pengetahuan
3. pembelajaran: segala sesuatu yang
di pelajari atau yang di ajarkan
4. belajar: berusaha mengetahui
sesuatu berusaha memperoleh ilmu
pengetahuan
5. mandiri: keadaan dapat berdiri
sendiri tidak bergantung pada orang lain
6. terhadap: kata depan untuk
menandai arah kepada lawan
7. prestasi: hasil yang telah dicapai
dari yang telah di kerjakan
8. belajar: berusaha mengetahui
sesuatu berusaha memperoleh ilmu
9. siswa: seorang pelajar
J. Kajian
pustaka
Pengertian
belajar mandiri
Adalah sesuatu
kepercayaan seseorang terhadap keyakinan ,pemikiran,dan kemampuan dirinya
sendiri / jadi orang yang percaya diri adalah orang yang mempelajari hidup ini
dengan dada di penuhi optimisme dan harga diri .tidak ada kamus kegagalan dalam
hidupnya . baginya kegagalan adalah usaha yang di hendaki tuhan yang harus
terus di lakukan dengan ketekunan yang lebih baik]. [4]
1:
ciri-ciri pembelajaran belajar mandiri
Berikut ini beberapa
ciri atau karakteristik individu yang mempunyai rasa percaya diri yang
proposional
Percaya akan kemampuan
diri, sehingga tidak membutuhkan pujian, pengakuan,peneriman atau rasa hormat
orang lain
Tidak terdorong untuk
menunjukkan sikap menyesuaikan diri demi diterima leh orang lain atau kelompok
2. pengertian prestasi belajar siswa
Rasulullah saw bersabda
: saemua manusia adalah dalam kefakiran dan takut akan fakir .
3. faktor-faktor yang mempengaruhi
belajar siswa
Bagi pelajar hendaknya
meletakkan niat selamanya dalam belajar ,karena niat itu sebagian dari pangkal
segala amal ].[7]
4
minat dan sikap siswa , motifasi belajar , konsentrasi belajar, cita-cita
siswa, intelegensi[kecerdasan]
K. Metode
penelitian
a. Populasi
dan sampel
1. pengertian populasi
2. sampel
b.teknik
pengumpulan data
teknik
pengumpulan data adalahmetode penelitian kualitatif cenderung bersifat
deskriptif dan naturalistik serta terkaiterat dengan sifat adanya yang murui
kualitatif ].
[11]
1.observasi
Observasi
merupakan serapan dari bahasa ingris, yaitu observation yang berasal dari kata
observe yang berarti ‘mengamati
].[12]
a.observasi
dapat dengan mudah memperoleh data atau informasi dari gejala-gejala yang di
miliki
b.observasi
dapat dengan mudah dilaksanakan tampa terkait dengan persiapan yang sulit
disamping
mempunyai kelebihan observasi juga mempunyai kelemahan yaitu.
a. secara
mayoritas subjek mengetahui subjek diteliti akan cenderung berbuat sesuatu yang
positif saja.
b. Sulit
untuk mendeskripsikan persoalan yang tidak terkontrol sebelumnya oleh peneliti.
2.
wawancara
Wawancara
adalah menggali keterangan dari nara sumber {partisipan} untuk mengungkapkan
apa yang dipikirkan pendapat ].[13]
adapun kelebihan dalam penggunaan metode
wawancara antara lain .
a.
Melatih
kemahiran dan ketangkasan dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan
b.
Bersifat
langsung
adapun kelemahanya antara lain
a.tidak cukup efisien , karna
membutuhkan waktu yang cukup lama
b.membutuhkan tenaga yang cukup
3.
dokumentasi
Dokumentasi adalah dokumen yang berarti
sesuatu yang berisi materi dan informasi yang berfungsi sebagai alat bukti[14]
adpun kelebihan yang terdapat dalam
metode dokumentasi sebagai berikut:
a.
Statis, tidak
aakan berpengaruh oleh faktor luar
b.
Umtuk subjek
manusia sulit di hubungi maka dokumentasi yang ada akan mempermudah terhadap
penelitian ini.
Adpun
kekuranganya yaitu
a.
Dokumentasi bisa
ditulis secara berlebihan kadang-kadang tanpa fakta sehingga apbila dipakai
sebagai acuan utama kurang mengenai
b.
Tersedia secara
selektif
4. angket
Angket
adalah hampir serupa dengan metode wawancara dengan cara yang lain jika
wawancara dilakukan seacara lisan , maka metode angket dilakukan dengan cara
tulisan ].
[15]
Adapun
kelebihan yang terdapat dalam metode angket ini adalah
a.
Untuk responden
, mudah untuk memilih jawaban
b.
Untuk peneliti ,
mudah dalam mengelola data
Adpun
kelemahannya diantaranya yaitu .
a.sulit
untuk suasana yang khusus ditemui di lapangan
b.
angket yang dikirimkan lewat surat
seringkali kembali secara tidak
utuh
c.tknik
analisis data
analisis
adalah menganalisis data yang diperoleh peneliti dalam penelitian yang
menggunakan metode pokok yaitu metode angket sehingga diperoleh kesimpulan dari
penelitian ].[16]
L. Sistematika
penulisan
Unsur-unsur di
cantumkannya dalam proposal penelitian
v Judul
v Latar
belakang
v Rumusan
masalah
v Tujuan
penelitian
v Kegunaan
penelitian
v Alasan
memilihjudul
v Ruang
lingkup penelitian
v Definisi
operasional
v Kajian
pustaka
v Metode
penelitian
v Teknik
analisis data
v Sistematika
penulisan
M. Daftar
pustaka
v Az-zarniji
syekh[pedoman
belajar ][penerbit
al-hidayah .penrerjemah noor aufa shiddiq]
v Klara
dan lina sr.[panduan
menjadi remaja mandiri][penerbit
nobel edu media ]
v Mu’min abdul muhtadi [metode penelitian untuk pemula ][alamin-parenduan ]
v Asy-syadzily[the
great personaliti][penerbit
pustaka isfahan . penerjemah mukti ali el-qoum]
Lampiran
I
NO
|
NAMA
|
KELAS
|
ALAMAT
|
|
Ach sarifuddin
|
III mmi
|
Baneressep timur
|
|
Ali fikri hidayat
|
III mmi
|
talang
|
|
Ari hamsah
|
III mmi
|
Sapekken
|
|
Zainuri
|
III mmi
|
Jember
|
|
Ujang
|
III mmi
|
Batuan
|
|
Rahmat jauhari yadi
|
III mmi
|
Slopeng
|
|
Moh isno
|
III mmi
|
Slopeng
|
|
Fikri nur rahman
|
III mmi
|
Kalianget
|
|
Faisol ibnu hajar
|
III mmi
|
Batu putih
|
|
Moh arifin
|
III mmi
|
Daramista
|
N.
Lampiran II
‘pengaruh
metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III
mmi tahun pelajaran 2015-2016
[8]http://uda-go-blog. Blog sport. Com
/2013/08/faktor berpengaruh –prestasi belajar html sthash rsyhc. dpuf
No comments
Post a Comment