Welcome To My Blog

Terima Kasih Telah Berkunjung

Monday 16 November 2015

Contoh Proposal Paper

LEMBAR PERSETUJUAN Nama                                : .................................... No. Induk                      ... thumbnail 1 summary




LEMBAR PERSETUJUAN

Nama                               : ....................................
No. Induk                         : ....................................
Judul Penelitian                 : Pengaruh Metode Pembelajaran Belajar Mandiri Terhadap Prestasi Belajar   Siswa Kelas III Ma'hadul Mu'llimien Al-Islamie  Tahun Pelajaran 2015-2016
                                                
Telah disetujui untuk diseminarkan pada tanggal, .....November 2015


Sumenep, 01 November 2015


Pembimbing

UST. SURYADI KADIR, M.Pd. I















LEMBAR PENGESAHAN PEMBINGBING


Yang bertanda tangan dibawah ini menyatakan bahwa paper yang berjudul:

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III MMI TAHUN PELAJARAN 2015 -2016







Oleh:
ANDI LIHAMSAN
No. Induk: A.407








Telah diperiksa, dikoreksi, dan diberi masukan perbaikan-perbaikan seperlunya. Maka kami berkesimpulan bahwa paper ini dapat segera dimonaqasahkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, dan sudah memenuhi syarat untuk diujikan dihadapan team penguji paper MMI.


Sumenep, 01 November 2015


Pembimbing

UST. SURYADI KADIR, M.Pd. I




MOTTO
v  Jadilah orang yang bisa menghargai waktu karna waktu itu bagaikan pedang

HALAMAN PERSEMBAHAN

Penulismempersembahkan proposal paperinikepada:

v Ayah dan Bunda yang telah rela meluangkan waktunya serta bontang banting untuk membiayai penulis sehingga penulis mendapatkan pendidikan yang layak dengan teman-temannya yang lain.
v Pimpinan pondok pesantren mathlabul ulum almokarom KH. TAUFIQURRAHMAN FM, yang telah menegur penulis ketika penulis melakukan kesalahan atau pelanggaran.
v Mudzir Ma’hadul Mu’allimein al-islami (MMI) beserta para Asatid yang selalu membingbing dan memotifasi penulis sehingga penulis bisa mendapatkan ilmu yang belum penulis ketahui serta juga bisa menyelesaikan Proposal paper.
v Panitia dan Musrif  niha’ie yang tidak henti-hentinya memberikan nasehat pada penulis.
v Kakak –kakak kelas alumni yang sudah rela membingbing dan memotifasi penulis sehingga penulis bisa menyelesaikan proposal paper ini.
v Segenap santri kelas akhir (arek-arek authority generation) dan adek-adek kelas yang selalu memberikan semangat dan motivasi beserta dukungan terhadap penulis dengan semangat perjuangan.


KATA PENGANTAR

Assalamualaikum War. Wab.
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan Proposal Paper  yang berjudul “Pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016”
Adapun Proposal Paper yang berjudul “Pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016”. ini telah saya usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan Proposal Paper ini. Untuk itu saya tidak lupa menyampaikan bayak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya  dalam pembuatan Proposal Paper ini.
Namun tidak lepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka saya membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin menyampaikan saran dan kritik kepada saya sehingga saya dapat memperbaiki hasil karya ilmiah ini.
Akhirnya Penulis mengharapkan semoga dari Proposal Paper yang berjudul “Pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016”. ini dapat diambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan inspirasi terhadap pembaca.
             Wassalamu’alaikum War. Wab.
Sumenep, 09 Oktober
Penyusun

ANDI LIHAMSAN
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN
HALAMAN PENGESAHANAN
HALAMAN MOTTO
HALAMAN PERSEMBAHAN
KATA  PENGANTAR
DAFTAR ISI Judul Paper
A.       Latar Belakang Masalah .......................................................................
B.       Rumusan Belakang ...............................................................................
C.       Tujuan penelitian ..................................................................................
D.      Kegunaan Penelitian..............................................................................
E.       Alasan Pemilihan Judul.........................................................................
F.        Hipotesis Penelitian ..............................................................................
G.      Ruang Lingkup Penelitian .....................................................................
H.      Difinisi Operasional...............................................................................
I.         Kajian Pustaka.....................................................................................
J.         Metodologi penbelitian..........
a.       Populasi dan sampel
b.      Teknik pengumpulan data
1.      Obserpasi
2.      Wawancara
3.      Dokumentasi
4.      Angket
c.       Teknik analisis data
K.      Sitematika Penulisan………………………………………………….
L.       Daftar pustaka............................................
M.     Lampiran-lampiran

PROPOSAL PAPER

A.  Judul Paper

“Pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
B.  Latar belakang masalah
Tujuan hidup adalah untuk dijalani itu berarti kita harus menjalaninya dengan sabar,gembira, memikmati,nyaman dan hebat].[1]nilai-nilai membentuk suara hati kita,yang memengaruhi perilaku kita.perilaku kita menentukan kualitas hidup kita dan makna sumbangan pribadi kitaterhadap sesama manusia. Terhadap kehidupan,dan terhadap sejarah].[2] Masa remaja adalah masa yang tidak bisa dilupakan,benarkan?
Karnanya buat kamu para remaja jangan siasiakan masa remajamu dengan hal-hal yang tidak berguna.setiap manusia melewati masa remaja tetapi ada yang melewatinya dengan biasa saja,ada pula yang melewati masa remaja dengan luar biasa.
Ada remaja yang melewati masa remaja dengan bahagia,ada juga sebaliknya mengalami masa remaja yang tidak bahagia.  remaja yang tidak bahagia karna apa? Ada banyak hal yang menyebabkan remaja tidak merasa bahagia,misalnya kurang pede [percaya diri] ,kurang bergaul,keluarga tidak harmonis,keadaan ekonomi yang sangat kurang dan sebagainya.
Kamu ingin menjadi remaja yang seperti apa? tentu sudah pasti kamu ingin menjadi remaja yang bahagia bukan].[3]

C.  Rumusan masalah
Dari paparan masalah diatas maka secara graris besar ada dua masalah yang penulis merumuskan
1. adakah pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016 ?
2. untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016 ?

D.  Tujuan penelitian
Dari sekian penjabaran dan penjelasan yang telah penulis gambarkan diatas. Penulis dapat mengambil kesimpulan bahwasanya metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016. Oleh karna itu perlu kiranya penulis memberikan tujuan yang telah penulis angkat sebagai berikut.
1. untuk  mengetahui alasan adanya pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kls III mmi tahun pelajaran 2015-2016
2 untuk mengetahui tidak adanya pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
E.   Kegunaan penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini yaitu untuk
1. menyadarkan kita bahwasanya metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
2. sebagai masukan kepada pembaca untuk di jadikan tambahan ilmu pengetahuan tentang pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi siswa III mmi tahun pelajaran 2015-2016

F.   Alasan memilih judul
Ada alasan tertentu yang mendasari penulis memilih judul diantaranya
1. sebab pembelajaran belajar mandiri sangat penting dalam meningkatkan prestasi siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
2. sejauh yang penulis ketahui bahwa judul ini belum pernah ada yang meneliti
3. karna judul ini cocok untuk dijadikan bahan penelitian dan judul ini yang diterima

G.  Hipotesis penelitian
Hipotesis adalah bermuara pada suatu pemahaman tentang jawaban sementara terhadap masalah penelitian .
1. hipotesis kerja
   Adanya pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
2. hipotesis nihil
   Tidak adanya pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
H.  Ruang lingkup penelitian
Untuk memberikan batasan masalah agar pembatasanya lebih terarah dan mengenal sasaran sehingga dapat di kaji dengan jelas sehingga penulis membatasi ruang lingkup diantaranya.

no
Subvariabel x
Indikator
01
Tinjawan tentang metode pembelajaran belajar mandiri
a.pengertian metode pembelajaran belajar mandiri
b.ciri-ciri pembelajaran koperatifdalam metode pembelajaran belajar mandiri

Subvariabel y
Indikator

Tim]njawan tentang prestasi belajar siswa
a.pengertian prestasi belajar siswa
b.faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa


I.     Definisi operasional
Penulisan paper ini berjudul “pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016
 Dari judul tersebut penulis memberi penegasan terhadap kata-kata atau istilah yang ada pada judul tersebut, hal ini agar para pembaca dapat memahami dan mengetahui arti dari istilah-istilah yang ada pada judul paper antara lain.
1. pengaruh: daya yang ada atau timbul dari sesuatu orang atau benda yang ikut serta membemtuk watak,kepercayaan atau perbuatan seseorang
2 .  metode: cara yang telah di atur dan berfikir baik-baik untuk mencapai sesuatu maksud dalam ilmu pengetahuan
3. pembelajaran: segala sesuatu yang di pelajari atau yang di ajarkan
4. belajar: berusaha mengetahui sesuatu berusaha memperoleh ilmu 
pengetahuan
5. mandiri: keadaan dapat berdiri sendiri tidak bergantung pada orang lain
6. terhadap: kata depan untuk menandai arah kepada lawan
7. prestasi: hasil yang telah dicapai dari yang telah di kerjakan
8. belajar: berusaha mengetahui sesuatu berusaha memperoleh ilmu
9. siswa: seorang pelajar
J.     Kajian pustaka
Pengertian belajar mandiri
Adalah sesuatu kepercayaan seseorang terhadap keyakinan ,pemikiran,dan kemampuan dirinya sendiri / jadi orang yang percaya diri adalah orang yang mempelajari hidup ini dengan dada di penuhi optimisme dan harga diri .tidak ada kamus kegagalan dalam hidupnya . baginya kegagalan adalah usaha yang di hendaki tuhan yang harus terus di lakukan dengan ketekunan yang lebih baik]. [4]
1: ciri-ciri pembelajaran belajar mandiri
Berikut ini beberapa ciri atau karakteristik individu yang mempunyai rasa percaya diri yang proposional
Percaya akan kemampuan diri, sehingga tidak membutuhkan pujian, pengakuan,peneriman atau rasa hormat orang lain
Tidak terdorong untuk menunjukkan sikap menyesuaikan diri demi diterima leh orang lain atau kelompok
Berani menerima dan menghadapi perlawanan orang lain,tetap berani menjadi diri sendiri]. [5]
2. pengertian prestasi belajar siswa
Rasulullah saw bersabda : saemua manusia adalah dalam kefakiran dan takut akan fakir .
Pada zaman dahulu, yang dilakukan adalah belajar tentang pekerjaan terlebih dahulu ].[6]
3. faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa
Bagi pelajar hendaknya meletakkan niat selamanya dalam belajar ,karena niat itu sebagian dari pangkal segala amal ].[7]
4 minat dan sikap siswa , motifasi belajar , konsentrasi belajar, cita-cita siswa, intelegensi[kecerdasan]
Semua itu menjadi faktor tertentu dalam meraih prestasi belajar sisw ]a.[8]
K.  Metode penelitian
a.       Populasi dan sampel
1. pengertian populasi
Populasi adalah keseluruhan sabjek penelitian ]. [9]
2. sampel
Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yamg dimiliki oleh populas ].[10]
b.teknik pengumpulan data
teknik pengumpulan data adalahmetode penelitian kualitatif cenderung bersifat deskriptif dan naturalistik serta terkaiterat dengan sifat adanya yang murui kualitatif ]. [11]
1.observasi
Observasi merupakan serapan dari bahasa ingris, yaitu observation yang berasal dari kata observe yang berarti ‘mengamati ].[12]
a.observasi dapat dengan mudah memperoleh data atau informasi dari gejala-gejala yang di miliki
b.observasi dapat dengan mudah dilaksanakan tampa terkait dengan persiapan yang sulit
disamping mempunyai kelebihan observasi juga mempunyai kelemahan yaitu.
a.       secara mayoritas subjek mengetahui subjek diteliti akan cenderung berbuat sesuatu yang positif saja.
b.      Sulit untuk mendeskripsikan persoalan yang tidak terkontrol sebelumnya oleh peneliti.
                        2. wawancara
            Wawancara adalah menggali keterangan dari nara sumber {partisipan} untuk mengungkapkan apa yang dipikirkan pendapat ].[13]
adapun kelebihan dalam penggunaan metode wawancara antara lain .
a.       Melatih kemahiran dan ketangkasan dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan
b.      Bersifat langsung
adapun kelemahanya antara lain
a.tidak cukup efisien , karna membutuhkan waktu yang cukup lama
b.membutuhkan tenaga yang cukup
            3. dokumentasi
Dokumentasi adalah dokumen yang berarti sesuatu yang berisi materi dan informasi yang berfungsi sebagai alat bukti[14]
adpun kelebihan yang terdapat dalam metode dokumentasi sebagai berikut:
a.       Statis, tidak aakan berpengaruh oleh faktor luar
b.      Umtuk subjek manusia sulit di hubungi maka dokumentasi yang ada akan mempermudah terhadap penelitian ini.
  Adpun kekuranganya yaitu
a.       Dokumentasi bisa ditulis secara berlebihan kadang-kadang tanpa fakta sehingga apbila dipakai sebagai acuan utama kurang mengenai
b.      Tersedia secara selektif
      4. angket
Angket adalah hampir serupa dengan metode wawancara dengan cara yang lain jika wawancara dilakukan seacara lisan , maka metode angket dilakukan dengan cara tulisan ]. [15]
Adapun kelebihan yang terdapat dalam metode angket ini adalah
a.       Untuk responden , mudah untuk memilih jawaban
b.      Untuk peneliti , mudah dalam mengelola data 
Adpun kelemahannya diantaranya yaitu .
a.sulit untuk suasana yang khusus ditemui di lapangan
b. angket yang dikirimkan lewat surat  seringkali kembali secara  tidak utuh 
c.tknik analisis data                 
analisis adalah menganalisis data yang diperoleh peneliti dalam penelitian yang menggunakan metode pokok yaitu metode angket sehingga diperoleh kesimpulan dari penelitian ].[16]

L.   Sistematika penulisan
Unsur-unsur di cantumkannya dalam proposal penelitian
v  Judul
v  Latar belakang
v  Rumusan masalah
v  Tujuan penelitian
v  Kegunaan penelitian
v  Alasan memilihjudul
v  Ruang lingkup penelitian
v  Definisi operasional
v  Kajian pustaka
v  Metode penelitian
v  Teknik analisis data
v  Sistematika penulisan
M. Daftar pustaka
v  Az-zarniji syekh[pedoman belajar ][penerbit al-hidayah .penrerjemah noor aufa shiddiq]
v  Klara dan lina sr.[panduan menjadi remaja mandiri][penerbit nobel edu media ]
v  Mu’min abdul muhtadi [metode penelitian untuk pemula ][alamin-parenduan ]
v  Asy-syadzily[the great personaliti][penerbit pustaka isfahan . penerjemah mukti ali el-qoum]
Lampiran I

NO
NAMA
KELAS
ALAMAT

Ach sarifuddin
III mmi
Baneressep timur

Ali fikri hidayat
III mmi
talang

Ari hamsah
III mmi
Sapekken

Zainuri
III mmi
Jember

Ujang
III mmi
Batuan

Rahmat jauhari yadi
III mmi
Slopeng

Moh isno
III mmi
Slopeng

Fikri nur rahman
III mmi
Kalianget

Faisol ibnu hajar
III mmi
Batu  putih

Moh arifin
III mmi
Daramista


N.    Lampiran II
‘pengaruh metode pembelajaran belajar mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas III mmi tahun pelajaran 2015-2016


           




[1]Henri millir penulis [ panduan remaja mandiri  hal :01 ]
[2]Dr.laura penulis [ panduan remaja mandiri  hal :01 ]
[3]Klara dan lina[hal :01]
[4]Asy-syadli karim [the great personaliti hal: 27]
[5]Klata dan lina [panduan remaja mandiri hal: 16]
[6]Az-zarnuji shekh [pedoman pelajar hal: 70]
[7]Az-zarnuji syhekh.[pedoman belajar hal: 10]
[8]http://uda-go-blog. Blog sport. Com /2013/08/faktor berpengaruh –prestasi belajar html sthash rsyhc. dpuf
[9] Mu’min abdul muhtadi [hal: 31]
[10] Mu’min abdul muhtadi [hal:32]
[11] Mu’min abdul muhtadi [hal:35]
[12] Mu’min abdul muhtadi [hal: 35]
[13] Mu’min abdul muhtadi [hal: 36]

[14] Mu’min abdul muhtadi [hal: 39]
[15] Mu’min abdul muhtadi [hal: 37]
[16]  Dafir shawqi 

No comments

Post a Comment

Video of Day