Welcome To My Blog

Terima Kasih Telah Berkunjung

Sunday 15 November 2015

Minum Sambil Berdiri Penyebab Gangguan Ginjal

Sekecil dan seremeh apapun sesuatu menurut anggapan kita tidak akan terlepas dari sorotan Islam. Sebab Islam memberikan petunjuk dan ja... thumbnail 1 summary


Sekecil dan seremeh apapun sesuatu menurut anggapan kita tidak akan terlepas dari sorotan Islam. Sebab Islam memberikan petunjuk dan jalan kebaikan yang terdapat di dalamnya. Seperti halnya minum, Islam mengajarkan bagaimana tata cara minum. Para ulama menegaskan bahwa minum sambil duduk lebih utama dari pada minum sambil berdiri. Ini berdasarkan hadits Nabi SAW : “Janganlah di antara kalian minum sambil berdiri, bila terjadi maka muntahkanlah airnya,” (HR muslim).

Kebiasaan makan dan minum sambil berdiri dewasa ini dianggap lazim oleh sebagian besar masyarakat. Acara hidangan yang menyajikan “Standing Party” turut melegalkan kebiasaan “jelek” ini. Padahal, dalam kebiasaan lama, makan dan minum sambil berdiri sering dikonotasikan dengan perbuatan yang tidak sopan.

Larangan Islam terhadap minum sambil berdiri, tentu bukan tanpa alasan. Saat ini sains telah berhasil membongkar fakta-fakta ilmiah di balik larangan Islam tersebut. Air yang kita minum dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler berotot yang bisa membuka dan menutup agar air kemih bisa lewat. Dan ternyata sfringer ini hanya bekerja pada saat kita duduk.

Sebaliknya, jika kita minum air dengan cara berdiri, maka air yang kita minum itu akan masuk tanpa disaring lagi dan bisa langsung menuju kandung kemih. Ketika air langsung ke kandung kemih, maka terjadi pengendapan di saluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang tersisa di ureter, maka hal ini bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal yang menjadi salah satu penyakit ginjal yang berbahaya.

Dalam ilmu kedokteran juga di ungkapkan bahwa minum sambil berdiri akan menyebabkan luka pada dinding lambung, karena minum sambil berdiri akan menyebabkan air berjatuhan secara keras sekali. Seperti kaca yang di lempar batu. Sehingga lambung menjadi kendur dan pencernaan akan terganggu dan  tidak akan mampu bekerja secara maksimal.

Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani, seorang ahli kesehatan juga mengatakan hal yang tentang hal ini. Menurut beliau, makan dan minum sambil berdiri akan membuat makanan dan minuman tersebut akan masuk langsung ke usus. Dan bila hal ini sering terjadi, maka akan menyebabkan disfungsi pencernaan.

Demikian ulasan mengenai larangan minum air sambil berdiri kali ini. Semoga membawa dampak positif mengubah kebiasaan jelek kita saat minum.

No comments

Post a Comment

Video of Day