Welcome To My Blog

Terima Kasih Telah Berkunjung

Saturday 7 November 2015

Gili Labak.. "Lombok"nya Pulau Madura

Pulau Gili Labak adalah pulau kecil yang mempunyai pasir putih, biru laut dan desiran ombak yang tenang serta bening air lautnya berhi... thumbnail 1 summary


Pulau Gili Labak adalah pulau kecil yang mempunyai pasir putih, biru laut dan desiran ombak yang tenang serta bening air lautnya berhias terumbu karang nan indah menjadikan Pulau Gili Labak yang sangat layak untuk dikunjungi.  Berhubung Pulau ini tidak terlalu besar, tidak mencapai lima hektar, hanya butuh sekitar 30 menit menapaki pasir putih mengitari pulau.

Pulau Gili Labak yang terletak di di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau ini dapat ditempuh kurang lebih 2 jam dari pelabuhan kalianget, Pelabuhan paling ujung timur pulau madura.

Nampaknya Pulau ini tidak bisa dipandang sebelah mata, Pulau ini menawarkan panorama menakjubkan dengan keindahan yang juga luar biasa bagi para penikmat alam. Belum lagi suasana yang dimilikinya mampu membuat anda merasa betah di pulau kecil yang cantik ini. Gili Labak terlalu indah untuk tidak diabadikan. Godaan untuk tak berfoto di pulau ini hampir mustahil ditahan.

Dahulu orang menyebut Pulau Gili Labak ini dengan sebutan Pulau Tikus. Karena dulunya tempat ini adalah sarang tikus. Namun, karena keindahan pulau ini melebihi nama aslinya (pulau tikus), Pulau ini diganti namanya menjadi Pulau Gili Labak. Pulau ini dihuni sekitar kurang lebih 35 kepala keluarga.
Di Pulau Gili Labak salah satu aktivitas wisata yang tidak boleh dilewatkan adalah snorkeling dan diving, karena Pulau ini mempunyai pemandangan bawah laut yang sangatlah indah. Selain itu para penelusur juga dapat berenang,berjemur,bersantai di pinggir pantai menikmati pemandangan, ataupun berjalan jalan di pinggir pantai.

Bagi para penikmat alam yang ingin diving atau snorkeling diharapkan untuk membawa peralatan sendiri dikarenakan di Pulau Gili Labak tidak ada tempat persewaannya. Dengan perlengkapan menyelam misalnya, para penikmat bawah laut bisa mengeskploitasi keindahan bawah laut saat menghabiskan waktu di Gili Labak. Bahkan tidak ada salahnya mengabadikan keindahan bawah laut dengan kamera undewater.

Memang, untuk penunjang fasilitas di Pulau Gili Labak masih tergolong kurang. Seperti keterbatasan air bersih yang memang belum ada sumber air tawar di pulau tersebut, listrik yang hanya menyala di malam hari, belum adanya penginapan ataupun warung makanan. Jadi kalau menginginkan menginap, anda bisa menginap di rumah warga atau berkemah dipinggir pantai dan membawa kebutuhan makanan selama berada di Pulau Gili Labak ini.

Tertarik mengunjungi Gili Labak? Rencanakan perjalananmu dengan matang. Jika Anda turun di terminal Sumenep, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Kalianget dengan menggunakan ojek ataupun sewa angkot. Setelah tiba di Pelabuhan Kalianget, Anda bisa menyewa perahu motor yang akan membawa Anda ke Gili Labak. Untuk sewa perahu tersebut dikenakan tarif lebih kurang Rp 400.000 – Rp. 500.000 untuk pulang pergi dari Gili Labak dan Pelabuhan Kalianget.

1 comment

  1. Pulau Gili Labak memang bagus mas, saya sering kesana bareng temen2 blogger jawa timur.. sudah saya tulis disini Pantai Pulau Gili Labak Madura

    salam, PulauMadura.com

    ReplyDelete

Video of Day