Welcome To My Blog

Terima Kasih Telah Berkunjung

Wednesday 11 November 2015

Seekor Lalat Kecil, Telah Membawa Lelaki Ini Ke Neraka

Mungkin kita bertanya-tanya, apa hubungannya   antara seekor lalat dengan surga neraka. Kita sudah sama-sama tahu, lalat itu adalah bin... thumbnail 1 summary


Mungkin kita bertanya-tanya, apa hubungannya  antara seekor lalat dengan surga neraka. Kita sudah sama-sama tahu, lalat itu adalah binatang kecil yang keberadaannya selalu membawa penyakit. Namun kenyataannya memang demikian. Bahwa karena lalat, seorang bisa masuk surga, dan oleh sebab lalt pula seseorang bisa masuk neraka.

Tersebutlah sebuah kisah, dimana kisah ini pernah dituturkan oleh Rasulullah di hadapan para sahabatnya. Rasulullah bersabda, “Ada seorang lelaki yang masuk surga gara-gara seekor lalat dan ada pula lelaki lain yang masuk neraka gara-gara lalat.”

Para sahabat waktu itu kebingungan, kemudian bertanya, “Bagaimana hal itu bisa terjadi wahai Rasulullah?”. Rasulullah mulai mengisahkan, “Ada dua orang lelaki,” jawab Beliau, yang melewati suatu kaum yang memiliki berhala. Berhala tersebut sangat “dikeramatkan” keberadaanya oleh kaum itu. Sehingga tidak seorangpun yang diperbolehkan melewati daerah itu melainkan dia harus berkorban (memberikan sesaji/persembahan) sesuatu untuk berhala tersebut. Mereka menhan kedua lelaki tadi, sampai mereka berkorban untuk berhala tersebut. Dikatakan kepada lelaki pertama, “Berkorbanlah!”. Ia pun menjawab, “Aku tidak punya apa-apa untuk dikorbankan.”

Mereka mengatakan, “Berkorbanlah, walaupun hanya dengan seekor lalat!”. Orang pertama tadi kemudian menangkap lalat dan mengorbankannya untuk berhala kaum itu. Karena pengorbanan tersebut, ia pun diperbolehkan untuk lewat dan meneruskan perjalanan. Dan karena sebab itulah, ia masuk neraka, sambung Rasulullah.

Kini tiba giliran lelaki kedua, mereka memerintahkannya untuk berkorban sebagaimana telah dilakukan oleh lelaki pertama tadi. “Berkorbanlah !, kata mereka.  Ia menjawab, “Tidak pantas bagiku berkorban untuk sesuatu selain Allah ‘azza wa jalla.” Akhirnya, mereka pun memenggal lehernya. Karena itulah, ia masuk surga.

Memang kelhatannya remeh, didalam kisah tersebut hanya seekor lalat bisa menyebabkan seseorang masuk neraka. Sebaliknya, lalat juga bisa menyebabkan orang yang lain masuk surga. Namun hakikatnya hal ini erat kaitannya dengan masalah aqidah. Batas antara tauhid  dengan syirik hanyalah seremeh seekor lalat.

Lelaki pertama diatas hanyalah berkorban seekor lalat. Masalahnya bukanlah terletak pada lalat-nya yang remeh. Melainkan terletak pada persembahannya kepada selain Allah.  Hal itulah yang telah membawanya masuk neraka, karena perbuatannya telah menyekutukan (syirik) Allah.

Semoga kisah di atas membuat kita semakin paham akan bahaya syirik dan pentingnya mengesakan Allah dalam ibadah. Tradisi yang bertentangan dengan ajaran Islam, tentu harus ditinggalkan apalagi jika sampai membuat Allah murka dan membuat kita terjerumus dalam neraka.
http://ibrahimakhmad.blogspot.com/2015/11/seekor-lalat-kecil-telah-membawa-lelaki.html

No comments

Post a Comment

Video of Day