Welcome To My Blog

Terima Kasih Telah Berkunjung

Monday 9 November 2015

Tips Menyongsong Musim Hujan

Pancaroba yaitu masa peralihan dari musim ke musim yang lain. Kali ini kita sedang menyongsong datangya musim hujan. Tanda-tanda akan seger... thumbnail 1 summary
Pancaroba yaitu masa peralihan dari musim ke musim yang lain. Kali ini kita sedang menyongsong datangya musim hujan. Tanda-tanda akan segera datang musim itu sudah ada. Baik yang berupa cuaca semakin gerah, maupun sudah adanya mendung hitam menutupi langit. Sebagian besar dari kita telah lama menantikan datangnya musim itu. sawah dan ladang sudah lama kering tak bertanaman. Tumbuh-tumbuhan pun "kehausan" karena panas terik matahari.

Namun, kadangkala  musim hujan memberikan dampak-dampak yang buruk terhadap kehidupan manusia, terutama saat-saat masa pancaroba, yaitu masa peralihan antara musim kemarau ke musim hujan. Peralihan dari cuaca panas menjadi dingin, seringkali mempengaruhi sistem imunitas tubuh kita.

Berikut ini beberapa tips agar kita lolos dari dampak-dampak buruk musim hujan:

1.  Menjaga Kebersihan

Sebagian besar kita telah mengetahui bahwa kotor adalah tempat dimana banyak penyakit bersarang.  Lebih-lebih di musim hujan, dimana bibit-bibit penyakit mudah berkembang biak. Berilah perhatian yang lebih pada kebersihan ini, baik kebersihan tubuh kita maupun kebersihan lingkungan. Ingat "Bersih Pangkal Sehat"
2. Menjaga Tubuh agar Tetap Bugar

Tubuh yang bugar tidak mudah terserang penyakit. Olah raga yang teratur adalah salah satu solusi menjadikan tubuh kita tetap bugar. Dengan datangnya musim hujan, mungkin aktifitas olah raga diluar sedikit terganggu. Namun hal itu bukanlah halangan untuk berolah raga. Olah raga juga bisa dilakukan di dalam ruangan demi menjaga tubuh kita tetap bugar.  

3. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Air adalah sumber bagi kehidupan. Air putih adalah zat detoksifikiasi alami yang murah meriah dan mudah didapat.  Air putih juga membuat kulit tampak segar dan menjaga tubuh tidak mengalami dehidrasi. Namun kurangi mengkonsumsi air dingin. Cuaca dingin musim hujan membawa pengaruh dinginnya kondisi tubuh kita. Oleh sebab itu, sebaik-baik air yang di konsumsi pada musim dingin adalah air hangat.

4. Istirahat Yang Cukup

Tubuh kita butuh waktu untuk istirahat. Ia akan menjadi lemah dan rentan terserang penyakit bila dipaksakan tetap bekerja pada saat kelelahan. Memberikan hak istirahat bagi tubuh adalah kewajiban kita. Istirahat yang terbaik bagi tubuh kita adalah tidur, sebab dengan tidur seluruh komponen tubuh kita bisa istirahat total.

5. Mengkomsumsi Makanan Padat Gisi

Makanan yang kita konsumsi besar pengaruhnya dalam menjaga kesehatan tubuh agar tetap stabil. Untuk itu, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh, yaitu ; karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. 

6. Hindari Hujan-Hujanan

Bila tidak terpaksa, hidarilah dari guyuran air hujan. Tubuh yang sering terkena guyuran air hujan menyebabkan menurunnya sistem imun. Namun apabila terpaksa kita kehujanan, maka sebaiknya segara mandi dan membersihkan tubuh dari kuman-kuman yang terbawa oleh air hujan. Berusahalah agar tubuh kita hangat setelah kehujanan.

Demikian sedikit tips menyongsong datangya musim hujan, semoga bermafaat dan semoga hujan tetap menjadi rahmat bagi kita.




 

 

No comments

Post a Comment

Video of Day