Welcome To My Blog

Terima Kasih Telah Berkunjung

Wednesday 4 November 2015

Manfaat Sirih Merah Untuk Mata

Sirih merah yaitu tumbuhan merambat yang masuk dalam kerabat dekat sirih serta lada. Tumbuahan yang datang dari Sulawesi dengan nama latin ... thumbnail 1 summary
Sirih merah yaitu tumbuhan merambat yang masuk dalam kerabat dekat sirih serta lada. Tumbuahan yang datang dari Sulawesi dengan nama latin Piper Ornatum. Daun sirih merah bermanfaat serta berguna buat kesehatan badan seperti Obat diabetes militus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, turunkan cholesterol, mencegah stroke, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyeri sendi serta memperhalus kulit.
Ciri khas tanaman tropis ini adalah berbatang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga. Permukaan daun sirih merah mengkilap dan tidak merata serta sebagai produksi teh merah bertangai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing.
Dalam suatu riset Daun Sirih Merah banyak terkandung flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsiri, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, tepenana, serta propoda.
Sebagai tanaman obat, manfaat sirih tak diragukan lagi. Jika selama ini orang lebih mengenal sirih berdaun hijau dengan kandungan antiseptiknya, kini ada jenis sirih merah yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang lebih beragam.
Berikut adalah manfaat dan khasiat sirih merah serta cara pembuatannya. Namun pembahasan mengenai manfaat dan khasiatnya kami fokuskan untuk mata :
1.      Mata Merah (sebab iritasi)
Kandungan senyawa alkaloid berperan sebagai anti bakteri dan anti radang, yang akan meredakan mata merah akibat iritasi. Cara pembuatan obatnya juga cukup mudah :
·            Siapkan 20 lembar daun sirih merah
·            Rebus dengan air hingga mendidih
·            Saring air rebusan
·            Gunakan sebagai kompres mata
·            Atau gunakan untuk membasuh mata sekitar 10 menit
2.      Radang Mata/Conjunctivitis
Radang mata/Conjunctivitis adalah infeksi membran yang mengelilingi bola mata. Biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Cara pembuatan obatnya sebagai berikut:
·           Siapkan 4-5 lembar daun sirih merah
·           Cuci bersih
·           Rebus dengan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas
·           Saring air rebusan
·           Dinginkan dan gunakan merendam mata
Cara pemakaian: Mata dibersihkan (cuci muka) kemudian direndam dengan air rebusan sirih merah secukupnya menggunakan gelas khusus. Gunakan tidak lebih dari tiga kali sehari agar tidak terjadi iritasi pada lapisan mata.
3.      Daging Tumbuh/Pterigium
Pterigium
yaitu timbulnya satu timbunan atau selaput pada mata yang memiliki bentuk seperti segitiga atau seperti sayap pada mata dengan puncak ada di arah kornea mata. Pterygium oleh beberapa orang di kenal juga sebagai “daging tumbuh” di selaput bening mata, bahkan juga dahulu kerap disalahartikan juga sebagai katarak. Cara pembuatan obatnya sebagai berikut:
·           Siapkan 7  lembar daun sirih merah
·           Cuci bersih
·           Rebus dengan dengan 2 gelas air hingga mendidih
·           Dinginkan air rebusan dan gunakan merendam mata
·           Atau ambil air (embun) yang berada di tutup wadah perebusan, gunakan sebagai tetes mata
Catatan: Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai timbunan selaput yang ada pada mata menipis bahkan hilang terkikis.
Semoga bermanfaat !!!

Ø  Dari berbagai sumber



2 comments

Video of Day